Peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019
dan Tradisi Lomba Membuat Sate Antar Kelas
di SMK Negeri 1 Gunungsindur



Alhamdulillah segala puji hanya bagi Allah SWT, Sholawat serta salam untuk Junjungan kita Nabi Muhammad SAW, pada keluarganya, sahabatnya dan pengikutnya Insya Allah kita termasuk di dalamnya… Aamiiin…

Pada hari ini sebagai umat Islam kita merayakan hari raya Idul Adha 1440 H bertepatan dengan 11 Agustus 2019 dengan melaksanakan Sholat Idul Adha berjamaah dan memotong hewan qurban dengan tujuan untuk:

1. Bersyukur atas nikmat Allah SWT
Hidup dengan tubuh yang sehat dan rizki yang mencukupi adalah nikmat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan berqurban, kita dapat mengimplementasikan rasa syukur atas limpahan rizki yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT.

2. Berkurban adalah ciri keislaman dan ketaqwaan
Ibadah qurban menjadi bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah SWT karena perintah berqurban telah termaktub dalam Al-quran. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah pun menjelaskan hal tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat sholat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

3. Berqurban lebih baik dari sedekah senilai hewan kurban
Ibnu Qayyim berkata, “Penyembelihan yang dilakukan di waktu mulia lebih afdhol daripada sedekah senilai penyembelihan tersebut. Oleh karenanya jika seseorang bersedekah untuk menggantikan kewajiban penyembelihan pada manasik tamuttu’ dan qiron meskipun dengan sedekah yang bernilai lipat ganda, tentu tidak bisa menyamai udhiyah. (Shahih Fiqh Sunnah 2 : 379).

4. Penanda Solidaritas antar sesama
Berqurban dilakukan oleh orang yang mampu dan akan dinikmati oleh orang yang kurang mampu. Dengan berqurban, seseorang dapat memupuk rasa kepedulian terhadap sesama, dan akan terjalin pula sikap solidaritas yang kuat di antara pemberi dan penerima kurban.

5. Meneladani Kesabaran dan Kecintaan keluarga Ibrahim As pada Allah SWT
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai Bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. (QS Ash-Shaffat: 102)

6. Mensucikan Rizki
Rezeki yang telah kita peroleh tidaklah mutlak untuk diri kita sendiri, pada sebagian harta kita, ada hak orang lain yang membutuhkan. Allah menganjurkan kita untuk bersedekah dan mengingat sesama. Qurban juga merupakan bentuk sedekah dalam arti yang lebih luas, karena dengan berquban, orang lain pun dapat merasakan kebahagiaan atas apa yang telah kita dermakan.

Hari besar ini jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah pada setiap tahunnya. Begitupula hari ini di SMKN 1 GUNUNG SINDUR semua warga sekolah merayakan hari raya qurban dengan proses penyembelihan hewan pada hari Selasa tanggal 13 Agustus 2019 dan tradisi lomba nyate.acara penyembelihan hewan dan lomba nyate ini bertujuan untuk membentuk sebuah karakter yang baik pada para siswa Pendidikan karakter adalah suatu peluang bagi penyempurnaan diri manusia. Pendidikan karakter harus dipahami sebagai sebuah usaha manusia untuk menjadikan dirinya sebagai manusia yang berkeutamaan Berqurban merupakan berlatih untuk berbagi, menghormati perbedaan baik tata cara pelaksanaan ibadah qurban, maupun hari pelaksanaannya.

Hewan qurban yang akan disembelih adalah 2 ekor sapi yang disembelih dan disaksikan oleh siswa\siswi.setelah proses penyembelihan hewan,masing-masing kelas diberi kupon untuk nantinya ditukarkan dengan daging qurban.Setelah para siswa\siswi mendapatkan daging qurban mereka akan memasak daging tersebut menjadi “SATE” dan sate tersebut akan dilombakan. Para siswa\siswi sangat antusias untuk membuat ”sate” mereka sangat berkreasi dalam membuat bumbu ataupun hiasan dalam perlombaan nyate ini diikuti masing- masing jurusan dan tiap-tiap kelas.mereka sangat bergembira saat memotong daging qurban, memberi bumbu pada sate sebelum di panggang,dan plating sate yang akan di sajikan kepada para juri. Pada lomba nyate tahunan ini yang akan dinilai juri adalah kematangan dari sate,rasa,plating,dan kerapihan dalam menyajikan sate tersebut.dan juara lomba nyate tahun ini diberikan kepada juara 1:X MULTIMEDIA 3 , juara 2:X MULTIMEDIA 2 , juara 3:XII MULTIMEDIA 2

Daging qurban kemudian dibagikan kepada warga yang berhak di sekitar sekolah. dengan melibatkan anggota OSIS kami membagikan daging qurban yang dipandu oleh petugas RT dan RW setempat.

Semoga segala yang kita kerjakan mendapatkan predikat sebagai ibadah, aamiin. tim news gs

3 thoughts on “Idul Adha 1440 H di SMKN 1 Gunungsindur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *