Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan indonesia di 3 tempat, yakni tingkat kabupaten/kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA/SMK Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus pada setiap tahunya.

Adapun seleksi inti, Yaitu:

Danton

Pembawa Baki, dan

Pengerek 3 orang.

Dalam pasukan paskibraka bermacam macam pasukan, yaitu:

Pasukan Depan (17)

Pasukan Tengah (8), dan

Pasukan Poncot/terakhir (45)

Pelaksaan program paskibra kecamatan/paskibraka, dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu :

  1. Tahapan persiapan
  2. Tahapan pelaksanaan,dan
  3. Tahapan evaluasi.Bulan ke-1 atau hari pertama pendaftaran/pengembalian formulir, ada 7 sekolah yang ada di kecamatan Gunungsindur, yaitu:
    1. SMKN 1 GUNUNG SINDUR
    2. SMK BISTEK
    3. SMK DARUL KHOIR
    4. SMK PANTIKARYA
    5. SMK AL GOJALI
    6. SMAN 1 GUNUNG SINDUR
    7. SMA NURUL FALAAH.

    Pada hari itu kami hanya perkenalan antar sekolah, dan perkenalan kakak senior/Akang Tetehnya. Ketika waktu istirahat pas azan Dzuhur makan bersama yang dipimpin oleh senior paskibra angkatan 2018, dan sehabis makan lalu kami sholat berjamaah di mushollah kantor kecamatan Gunungsindur. Selesai solat kami masuk aula untuk pemilihan calon paskibra/paskibraka Gunungsindur tahun 2019 atau calon paskibra tingkat kabupten Bogor.

    Bulan ke-1, minggu ke-2.

    Setiap hari minggu pukul 07.00 sudah hadir di lapangan dan masih masa perkenalan antar sekolah dan lingkungan sekitar di GOM (Gelanggang Olahraga Masyarakat), dan sudah mulai kegiatan pelatihan fisik dan mental masing masing. Langsung pemanasan lari keliling lapangan selama, jalan satu kali keliling lapangan, lalu mulai kegiatan sampai waktu istirahat jam 09.15 makan siang, selesai makan dikasih waktu berapa menit untuk merapihkan tempat makan dan minum diletakan didalam tas. dan selesai istirahat kami mulai lagi latihan sampai jam 10.00. Rapi-rapi dan baris untuk mengakhiri latihan pada hari itu pulang kerumah masing masing.

    Bulan ke-1, minggu ke-3.

    setiap hari minggu pukul 07.00 sudah hadir di lapangan dan sudah mulai kegiatan pelatihan fisik/mental di GOM (Gelanggang Olahraga Masyarakat), walaupun ada beberapa anak yang fisiknya belum kuat mungkin baru merasakan paskibraka kecamatan, istirahat selama beberapa menit, waktu pelatihan dimulai dan sudah mulai fokus tidak ada yang bercanda lagi waktuistirahat jam 09.15 makan siang. Setelah makan siang mulai lagi kegiatan yaitu hanya bermain game, yang kalah dalam permainan sebagai hukumannya ngegombalin teman yang dipilihnya atau teman yang dihukum juga, sampai tiba waktunya jam 10.00 WIB. Kami Rapih rapih dan baris untuk mengakhiri latihan pada hari itu pulang kerumah masing masing. Mulai terasa cape, lelah, urat pada kaku, dan pegel-pegel mulai kerasa dibagian tangan/lengan, paha dan betis.

    Bulan ke-1, minggu ke-4.

    Setiap hari minggu pukul 07.00 sudah dilapangan dan sudah mulai kegiatan pelatihan fisik/mental. Pada minggu ke 4 ini tidak lagi dilapangan gom tapi berada di lapangan balai desa pengasinan, yang lapangannya lumayan luas jadi kami apel pagi dulu lalu pemanasan lari 2 putaran dan jalan 1 putaran yang dikomandoin oleh kang julian,kang atala,dan kang adriyanus termasuk kakak ppk atau senior yang lainnya. Dikasih jeda berapa menit untuk istirahat dan minum. Mulai lagi pelatihan ppb (Peraturan Baris Berbaris) dasar,yaitu:

    1. Hadap kanan,
    2. Hadap kiri,
    3. Balik kanan,
    4. Jalan ditempat untuk ngerapihin barisan,
    5. Lencang kanan,
    6. Lencang depan,
    7. Istirahat ditempat,
    8. Sikap sempurna untuk pelatihan mental atau fisik,
    9. Langkah tegap maju jalan,
    • Langkah biasa,
    • 2x belok kanan atau kiri,
    • Haluan kanan atau kiri,
    • Dan lain sebagainya.

    Waktu istirahat jam 09.15 makan siang, selesai makan dikasih waktu berapa menit untuk merapihkan tempat makan dan minum diletakan di dalam tas. dan selesai istirahat kami mulai lagi latihan sampai jam 10.00 WIB. Rapih-rapih dan baris untuk mengakhir latihan pada hari itu pulang kerumah masing-masing.

    Bulan ke-2

    Sama seperti di bulan ke 1, kami masih sama belajar PBB. perbedaannya lebih difokuskan dan diseriusin lagi latihannya, bagi anggota yang gerakannyamasih belum bener dan harus diperbaiki lagi, dan latihannya harus dipisah dulu dengan yang sudah benar benar bagus dan bisa. Seandainya sudah dipisah dan sudah dilatih boleh masuk lagi ke dalam barisan tersebut.

     

    Bulan ke-3 Yaitu, Bulan Agustus

    Kami mulai latihan dari jam 07.00 WIB sudah ada dilapangan, selesai latihan sampai sore jam 17.00 dari tanggal 1 sampai tanggal 16. kami mulai pengukuhan pada tanggal 16 selesai pelatihan, kami tidak pulang kerumah masing masing tapi kami langsung ke kantor kecamatan langsung mandi dan solat magrib berjamaah, selesai sholat persiapan memakai seragam PDU dengan Atribut lengkap langsung ke Aula atau ke GOM (Gelanggang Olahraga Masyarakat) Kecamatan Gunungsindur. Ketika detik-detik pengukuhan mau dimulai ada beberapa anak yang sakit, akang tetehnya langsung menghantarkan ke kamar mandi, yang sakit langsung dikasih obat. Acara langsung bisa dimulai pada malam itu juga ketika mau mencium bendera merah putih dan menyanyikan lagu Syukur langsung pada terharu atau sedih. Setelah pengukuhan selesai kami balik lagi ke kantor kecamatan atau aula yang berada di belakang kantor Kecamatan. Persiapan pindah ke ruangan inapan khusus perempuan, dan yang laki laki tidur didalam aula. Kami langsung disuruh tidur karena kami harus bangun jam 2 pagi untuk mandi, solat, dan make up. Setelah selesai semua ketika jam 05: 5 kami berangkat ke lapangan yang bertempat di desa Cidokom kecamatan Gunungsindur untuk Pengibaran Sang Merah Putih. Jika kami sudah sampai di lapangan kami bersiap-siap lagi untuk ke SD/MI yang bertempat tidak jauh dari lapangan terus kami ber Do’a supaya acara berjalan dengan baik tidak ada halangan dari awal sampai acara selesai. AMIN… selesai baca Do’a ketika pembawa acara memulai dan membaca “PENGIBARAN SANG MERAH PUTIH DIIRINGI LAGU INDONESIA RAYA” kami langsung membuat barisan dan mulai pengibaran.

    Ketika pengibaran selesai kami langsung diarahkan ke aula yang berada dibelakang masjid atau musholla yang berada di lapangan cidokom. Sampai diaula kami langsung sedih sedihan dan berpelukan sama teman dan meminta maaf selama latihan suka salah, bawel, dan menyalahkan. Ini semua bukan karna benci atau kesal tapi demi kesuksesan pas hari H nya pengibaran dan berjalan dengan sukses.

    Selesai acara kami kembali lagi ke kantor kecamatan GunungSindur dan prepare untuk pulang kerumah masing masing.

    Selesai…….

    disarikan oleh:Vivi Saprita, Syahrul R, Putri L, Siti Fadillah, Vina O, Sephia A, Nabila S.

One thought on “Cerita di Balik Sukses Tim Paskibra Kecamatan Gunungsindur pada Upacara Pengibaran Bendera 17 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *