Paskibra SMKN 1 Gunungsindur Mengirim 17 Anggota Menjadi anggota Paskibra Kecamatan Gunungsindur pada acara peringatan HUT RI ke 74

Oleh : Nuraeni, Sandra, Sekar, Dimas Ar

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). SMKN 1 NEGERI GUNUNG SINDUR menyelenggarakan ekskul Paskibra yang bernama Arundaya yaitu Matahari Terbit. Pada periode 2019/2020 Yang di ketuai oleh M. Athallah Raffi dan di wakili oleh Nuraeni. Pada tahun 2018 sampai dengan sekarang paskibra di sekolah kita dapat mengikuti upacara bendera pada tingkat kecamatan.

Tidak hanya kegiatan pengibaran bendera pada 17 Agustus, paskibra Arundaya juga aktif dalam beberapa kegiatan seperti lomba PBB (Peraturan Baris-Berbaris), demo ekskul pada setiap tahun ajaran baru, beberapa kegiatan FORSIRAKA (Forum Komunikasi Paskibra Kecamatan), dan beberapa kegiatan ke-organisasian lainya.

Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus. Tahun 2019 SMKN 1 Gunungsindur terpilih 17 anggota paskibra Arundaya untuk mendukung pasukan pengibar bendera di tingkat kecamatan Gunungsindur kabupaten Bogor Jawa Barat. Selama waktu seleksi sampai 1-16 Agustus, seorang anggota calon Paskibra tingkat kecamatan dinamakan "CAPAS" atau Calon Paskibra. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan "PASKIBRA", dan setelah 17 Agustus, dinamakan "PURNA PASKIBRA". Salah satu peserta dari SMKN 1 Gunungsindur mengatakan “Saya merasakan banyak manfaat dari kegiatan saya selama mengikuti latihan sebagai anggota pengibar bendera di tingkat kecamatan Gunungsindur.”, “kebanggaan yang sangat berarti bagi kami dan orangtua kami begitu juga sekolah kami.” Ungkap peserta lainya.

Pelajaran yang didapat dari ikut paskibra itu menghargai dan menghormati orang yang lebih tua, bersikap respect dan peka terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar, kebersamaan, berbagi atau jiwa korsa, salah satu, ya salah semua tapi nggak yang bagian jelek aja kaya misalnya korsa makan, kalo temen belum dapet makan jangan makan dulu, tunggu biar makan bareng-bareng, menghargai segala sesuatu disekitar kita,sekecil apapun itu.Di paskibra harus menjadi orang yang sigap dan cekatan. Pelatih dari kegiatan tersebut terdiri dari anggota Polsek dan Koramil wilayah Gunungsindur dan dari anggota senior paskibra kecamatan yang telah bertugas tahun sebelumnya. Kegiatan latihan dilaksanakan dilapangan sepakbola desa Cidokom kecamatan Gunungsindur dari tanggal 1 -16 Agustus 2019. Pasukan ini rencana akan mengibarkan bendera Negara pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 pada tanggal 17 Agustus 2019 di tingkat kecamatan.

4 thoughts on “Paskibra SMKN 1 Gunungsindur pada HUT RI ke 74

  1. Selamat kepada para siswa dan siswi smkn 1 Gunungsindur yang berhasil menjadi anggota paskibra kecamatan Gunungsindur, semoga sukses melaksanakan tugas dan dapat menjadi inspirasi bagi adik-adik kelas di tahun-tahun berikutnya.

  2. Selamat kepada siswa SMK N 1 gunungsindur yang kepilih menjadi paskibra kecamatan .sukses buat kedepan ny semoga siswa SMK N 1 gunungsindur kedepan ny bisa mengikuti paskibraka yaitu paskibra kabupaten .Ayo semangat bikin nama Sekolah kita bangga .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *