Kerjasama SMK Negeri 1 Gunung Sindur dengan Fakultas Film dan Televisi IKJ

Kerjasama SMK Negeri 1 Gunung Sindur dengan Fakultas Film dan Televisi IKJ

Jakarta (27/06/2023) - Kerjasama antara Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur, dengan Fakultas Film dan Televisi - Institut Kesenian Jakarta (FFTV - IKJ) dapat memberikan peluang yang besar bagi siswa dan siswi SMKN 1 Gunung Sindur khususnya program keahlian terkait dalam mengembangkan bakat mereka di bidang  Produksi Ffilm. Hadir pada acara ini dari mewakili dari FFTV - IKJ, Dekan Fakutas, Wa. Dek I, Wa. Dek II, UPT,  sedangkan dari SMK Negeri 1 Gunung Sindur, Kepala Sekolah, Wa. Ka. Kurikulum, Kepala Program Broadcast dan Perfilman, serta Guru Seni Budaya.

FFTV  adalah Fakultas Film dan Televisi ternama di Indonesia, dibawah naungan Institut Kesenian Jakarta  (IKJ) yang dikenal karena program-programnya yang berkualitas dalam bidang seni perfilman. Melalui kerjasama ini, siswa dan siswi SMK Negeri 1 Gunung Sindur akan mendapatkan akses pengetahuan dan pengalaman yang lebih mendalam tentang perfilman dan pertelevisian.

Tujuan utama dari kerjasama ini adalah sebagai upaya agar SMK Negeri 1 Gunung Sindur, yang notabene adalah SMK Negeri pertama dan satu-satunya di Kabupaten Bogor, yang memiliki Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman, menjadi Sekolah Pusat Keunggulan (SMK PK).

"Kami senang atas kunjungan bapak - bapak sekalian , dan kami membuka diri serta memberi ruang kepada SMK Negeri 1 Gunung Sindur, khusus nya program keahlian Broadcasting dan Perfilman untuk sharing atau pun diskusi kepada kami khusus nya FFTV - IKJ". Ujar Dekan Fakultas Film dan Televisi (FFTV - IKJ) - Bapak Hanief Jerry, M.Sn (Bang Jer)

Kerjasama ini juga dapat membuka peluang bagi siswa dan siswi SMK Negeri 1 Gunung Sindur untuk belajar dalam produksi film dan televisi yang dilakukan oleh FFTV - IKJ. Mereka dapat terlibat dalam produksi Film Pendek, Dokumenter, atau bahkan Film Layar Lebar yang dikembangkan oleh FFTV - IKJ, terlebih dalam penerapan keilmuan / keahlian  yang fundamental dalan bidang perfilman.

Selain itu, kerjasama ini juga memberikan kesempatan bagi siswa dan siswi SMK Negeri 1 Gunung Sindur untuk belajar dari para profesional maupun praktisi perfilman FFTV - IKJ. Mereka dapat menghadiri seminar, workshop, atau mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh Fakultas, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam dunia Broadcasting dan Perfilman.

"Kami behadap kedepan nya, Fakultas Film dan Televisi - IKJ (FFTV - IKJ), dapat menjadi Perguruan Tinggi Pendamping, yang dapat berselaras dalam pelaksanaan Kurikum Merdeka serta memberikan ruang untuk peningkatan skill dan kompetensi bagi para pengajar di Sekolah Kami" ujar Kepala SMK Negeri 1 Gunung Sindur - Bapak Yonal Herdian S.Pd,. MM

Dengan adanya kerjasama ini, siswa dan siswi SMK Negeri 1 Gunung Sindur juga dapat membangun jaringan dan hubungan dengan para pelaku industri perfilman yang ada di FFTV - IKJ. Ini dapat membuka pintu bagi mereka untuk mendapatkan peluang kerja di industri broadcasting dan perfilman setelah lulus dari sekolah nanti nya.

Secara keseluruhan, kerjasama antara SMK Negeri 1 Gunung Sindur dan FFTV - IKJ dalam bidang Broadcasting dan Perfilman adalah langkah yang sangat positif. Ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa dan siswi SMK Negeri 1 Gunung Sindur dalam mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang broadcasting dan perfilman, serta membuka peluang untuk meraih kesuksesan di industri perfilman di masa depan.